Fortuner SUV Terbaik

Fortuner SUV Terbaik artikel terbaru kali ini datangnya dari dunia Otomotif review tentang Mobil Toyota Grand New Fortuner FN Turbo karena mobil ini menjadi faktor penting dibalik suksesnya Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011 lalu.

Toyota-Astra Motor berpartisipasi dengan menyediakan empat unit Toyota Fortuner 2.7 liter bensin dengan sistem penggerak 4x4. Ternyata tidak banyak ubahan yang dilakukan untuk melakukan perjalanan panjang itu.

Berikut Ulasan Lengkap Grand New Fortuner FN Turbo melakukan Ekspedisi melintasi puluhan negara dengan jarak puluhan ribu km dari Jakarta menuju Italia itu menjadi etalase keunggulan produk dalam negeri.

Bengkel Yanatta Auto Works di Lebak Bulus, Jakarta Selatan dipercaya mempersiapkan SUV itu. Kepada situs SL.com, Nurdianto kepala bengkel Yanatta Auto Works menjelaskan, “Ubahan yang kami lakukan sebenarnya tidak banyak, mas. Kami hanya diminta untuk membuat roof rack, Winch (katrol derek), side guard untuk bracket High Lift Jack (dongkrak untuk mengangkat mobil hingga 1 meter), dan terakhir rak besi di bagian bagasi,” jelas Nurdianto kepala bengkel Yanatta Auto Works.

“Tadinya sempat mau di pasang bull bar, tapi kita lepas lagi karena adanya larangan menggunakan bull bar di negara tertentu di Eropa. Sedangkan untuk sektor mesin dan lainnya dibiarkan tetap standar pabrik,” tambah Nurdianto sambil tersenyum ramah.




Toyota Grand New Fortuner 2.7 V A/T 4×4 berbahan bakar bensin dengan kapasitas 2700cc. Mobil ini mengusung mesin 2 TR-FE 2.7 L DOHC 16 Valve VVT-i yang tangguh dan dapat digunakan di segala medan, serta mendapat sertifikasi kelayakan uji emisi Euro-2. Pada ekspedisi ini, seluruh pelumas sistem mekanis menggunakan produk Pertamina. Termasuk pula minyak rem dan radiator coolant.

SUV ini dilengkapi power seat adjuster pada kursi pengemudi, corner and parking sensor, touch screen audio video system with Toyota navigation, serta parking camera.

“Kami bangga Toyota Grand New Fortuner SUV Terbaik dapat mengiringi perjalanan anak bangsa menapaktilas perjalanan Marcopolo. Kami berharap ekspedisi Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011 ini dapat menanamkan rasa nasionalisme dan menginspirasi seluruh elemen bangsa untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi bangsa dan negara ini,” kata Presdiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Johnny Darmawan saat melepas ekspedisi ini yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2011.

Perjalanan ini merupakan sebuah ekspedisi lintas benua Asia dan Eropa yang akan menempuh jarak sejauh 27 ribu km. Tim akan melintasi 23 negara dan sekitar 60 kota. Tim ekspedisi yang berisi 16 orang yang mengendarai empat mobil dilepas dari Gedung Pertamina Jakarta

 Perjalanan tim Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition di Thailand penuh warna. Negara yang dikenal dengan julukan Negeri Gajah Putih itu memiliki iklim dan kondisi geografis yang sama dengan Indonesia. Mestinya perjalanan akan lancar saja. Tapi, Oktober itu Thailand sedang tidak normal. Bangkok di terjang banjir bandang yang meluluhlantakkan kawasan itu.

Pada situasi seperti itu rombongan empat unit Toyota Fortuner itu harus melintasi Bangkok dan berhadapan dengan banjir bandang. Rupanya hujan deras yang mengguyur kawasan itu tidak mampu ditahan lagi oleh waduk sehingga jebol. Dalam situasi runyam itu, seluruh Fortuner bisa melintasi kawasan banjir dengan selamat. Tim diuntungkan dengan ground clearance Fortuner yang tinggi.

Di Thailand, empat mobil ini sempat di periksa di bengkel resmi Toyota setempat. Selain penggantian oli juga kondisi mobil setelah menempuh jarak ribuan kilometer. Hasilnya, bagus dan mobil bisa langsung meneruskan perjalanan menuju perbatasan Thailand – Laos.

Sebelumnya Tim sempat mampir di Songkla selepas dari Malaysia. Difasilitasi konsulat jendral setempat, tim bertemu media dan mempromosikan Indonesia. Fitur sistem navigasi terbukti banyak membantu perjalanan itu.

Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition merupakan sebuah ekspedisi lintas benua Asia dan Eropa yang akan menempuh jarak sejauh 27 ribu km. Tim melintasi 23 negara dan sekitar 60 kota. Tim ekspedisi yang berisi 16 orang yang mengendarai empat mobil Toyota Fortuner 2.7 V AT 4 x 4, dilepas dari Gedung Pertamina Jakarta.

Berikut Spesifikasi Toyota Fortuner V AT 4 X 4

Seri Mesin / Machine Serial-

Tipe Mesin / Engine TypeIL 4Cyl, 16 Valve DOHC VVT-i

Isi Silinder / Displacement (cc)2694

Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm)95x95

Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm)160.4/5,200

Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm)24.6 / 3,800

Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel SystemEFI

Bahan Bakar / FuelGasoline

Kapasitas Tangki / Fuel Capacity (liter)65

Steering (Power Steering)


Sasis
Sistem Penggerak Roda / Wheel Drive SystemRWD

Transmisi / Transmition4 Speed A/T, Shift gate type

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 1st2.804

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 2nd1.531

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 3rd1.000

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 4th0.753

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 5th-

Perbandingan Gigi / Gear Ratio 6th-

Perbandingan Gigi / Gear Ratio Reverse2.393

Perbandingan Gigi / Gear Ratio Final4.555

Suspensi Depan / Front SuspensionDouble Wishbone with stabilizer

Suspensi Belakang / Rear Suspension4 Link w/ Lateral Rod

Rem Depan / Front BrakeVentilated Disc

Rem Belakang / Rear BrakeLeading- Trailling Drum

Sistem Rem Tambahan / Additional Brake SystemABS

Steering GearRack & Pinion

Ukuran Ban / Tires Size265 / 65 R17

Dimensi
Overall Panjang / Length4705

Overall Lebar / Width1840

Overall Tinggi / Height1850

Jarak Poros Roda / Wheelbase 2750

Jarak Pijak / Tread (Depan/Front)1540

Jarak Pijak / Tread (Belakang / Rear)1540

Jarak Terendah / Ground Clearance 220

Radius Putar / Turning Radius5.9

Berat Kosong / Curb Weight 1825-1875

Jumlah Roda (khusus Commercial)-

Gros Vehicle Weight (khusus Commercial)2450

Panjang Dek Kargo (khusus Commercial)-

Lebar Dek Kargo (khusus Commercial)-

Tinggi Dek Kargo (khusus Commercial)-

Harga Toyota Fortuner SUV Terbaik V AT 4 X 4 RP. 494.200.000


China menjadi tantangan lain bagi Fortuner yang digunakan dalam Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition. Salah satu negeri terluas di dunia ini memiliki aneka ragam jenis kontur dan iklim. Jenis jalannya juga beragam meskipun memiliki jaringan jalan tol terpanjang di dunia. Tim menghabiskan waktu 19 hari 18 malam untuk melintasi negeri yang menghubungkan Asia Tenggara dan Asia Tengah itu.

Persinggahan pertama adalah kota Don Huang di Propinsi Gansu yang terkenal dengan padang pasir Mingsha Mountain. Mingsha Mountain merupakan daerah hamparan padang pasir tandus yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat sebagai taman nasional sejak tahun 1944. Di tempat inilah danau bulan sabit yang terkenal itu berada.

Pada November, suhu disana merangkak dingin bahkan pengalaman tim, sempat mencapai 1C. Dalam kondisi seperti itu, Fortuner tetap tangguh mengantarkan seluruh anggota tim ekspedisi menapaki jalan menuju tujuan akhir. Sistem penggerak 4x4 menjadi perangkat penting untuk menuntaskan perjalanan. Kombinasi suspensi depan double wishbone with stabilizer dan suspensi belakang 4 Link dengan Lateral Rod bekerja sempurna.

Kehadiran Tim Ekspedisi Fastron Euro Asia di China sempat menarik perhatian para pejalan kaki di jalanan Kota Kun Ming. Empat unit Toyota Fortuner yang sempat berhenti di pinggir jalan pun sontak menjadi tontonan penduduk setempat. Di Negeri Tirai Bambu ini, odometer perjalanan dari Jakarta telah mencapai 10.000 km lebih. Perjalanan yang penuh tantangan dari Kun Ming, dilanjutkan ke Chengdu. Kali ini rute yang dilewati merupakan jalan bebas hambatan yang berada di atas danau. Mesin bensin empas silinder berkapasitas 2.7 liter yang didukung teknologi DOHC dan VVT-i bisa menghasilkan power yang cukup berlimpah untuk melesat di jalan tol.

Kendati begitu cuaca tergolong sangat dingin, karena berada di kisaran 15-17 derajat Celcius. Maklum saja, medan yang dilalui berada di atas ketinggian 2.800 meter dari permukaan air laut. Ini tantangan besar bagi mesin. Di ketinggian seperti itu kandungan oksigen di udara mulai menipis dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi mesin mobil. Namun Tim tidak mengalami gangguan apapun yang menegaskan ketangguhan mesin Fortuner.

Walaupun jarak tempuh perjalanan dan cuaca yang dilewati sangat ekstrim, performa SUV Toyota Fortuner berpenggerak 4x4 sangat mumpuni.

Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition merupakan sebuah ekspedisi lintas benua Asia dan Eropa yang akan menempuh jarak sejauh 27 ribu km. Tim melintasi 23 negara dan sekitar 60 kota. Tim ekspedisi yang berisi 16 orang yang mengendarai empat mobil Toyota Fortuner 2.7 V AT 4 x 4, dilepas dari Gedung Pertamina Jakarta.

Berikut Video Perjalanan Toyota Grand New Fortuner 2.7 V A/T 4×4 berbahan bakar bensin dengan kapasitas 2700cc Dari Jakarta menuju ROME Italia Menempuh 63.000 Km, Salju, Gurun, Pegunungan



Share on :
Judul: Fortuner SUV Terbaik
Rating: 100% out of 100% based on 100000 ratings. 100000 user reviews.
Ditulis Oleh ADMIN
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

ARTIKEL TERKAIT :